Rabu, 24 Desember 2008

Pesona Wisata Pulau Siompu

Pulau Siompu merupakan salah satu pulau di Kab. Buton dan terletak di selatan Pulau Buton mempunyai pesona wisata bahari yang sangat potensial untuk dikembangkan, namun sayangnya sampai saat ini belum dikelola baik oleh Pemkab Buton maupun oleh warga lokal. Kurangnya promosi dan event-event skala regional dan nasional untuk memperkenalkan pesona wisata Pulau Siompu menyebabkan potensi wisata yang bisa menhasilkan sumber pendapatan baik bagi daerah maupun warga lokal tidak tereksploitasi. Padahal jika dikelola dengan baik Pulau Siompu mempunyai Pantai Tompao One yang berdekatan dengan Permandian Latamburu. Pantai Kula dengan Permandian Oeno Butu, Oe Wakole (Buata), Permandian Kampenalo, Pantai Napansangia, Pantai Lapara dan Banabungi, Permandian Togo di Kaimbulawa, serta sepanjang pesisir pulau Siompu menyimpan pesona yang indah untuk dinikmati.
Selain pesona pantainya Pulau Siompu juga mempunyai pesona terumbu karang yang endemik dan indah laksana taman laut yang akan memanjakan para penyelam untuk menikmatinya.
Selain pesona wisata bahari, Siompu juga mempunyai pesona Budaya yang memukau yaitu dengan adanya situs-situs budaya yang masih ada sampai sekarang yaitu: Benteng Nggulanggula, Benteng Tongali dan Benteng Molona. Adat istiadat yang masih terjaga merupakan pesona unik yang dapat dinikmati dengan adanya pesta adat tahunan yang pada perayaan puncak menampilkan tarian perang Tari Fomani (Mangaru) yang sudah go nasional dengan beberapa kali tampil di TMII, festifal Kraton Nusantara di Jogya, event-event tingkat propinsi mewakili kabupaten Buton dan lain-lain.
Cerita keindahan pesona Pulau Siompu tidak akan habis kami tuliskan melalui posting blogg ini, so jika anda penasaran silakan anda kunjungi PULAU SIOMPU.

Caranya : Dari Kota Bau-Bau, melalui Jembatan Batu setiap hari ada Speed Boat. Lama perjalanan 50 menit. Alternatif : Pelabuhan Topa Kel. Sulaa setiap saat kurang lebih 45 menit tentu saja semuanya dengan biaya yang bisa tejangkau.

3 komentar:

  1. "oe moko" juga seharusnya disimpan untuk tempat wisata,
    ada lagi yg peling penting yaitu peninggalan Sejarah yang berupa Benteng Kuno...
    meskipun g terlalu besar tapi menyimpan sisi history yang harus dipromosikan

    Miden__Mbanua

    BalasHapus
  2. oeno rodha jga penting dilestarikan karna memiliki smber dua sumber air tempat mandi dan satunya tempat minum yang uda di uji kejernihan serta kesegaranya

    BalasHapus
  3. Akan lebih baik apabila pulau siompu dlijadikan tempat wisata,,,,, terus di promosikan,,,,,,agar lebih baik, kedepanya,

    BalasHapus